saat di Cambridge University

saat di Cambridge University

Laman

Senin, 18 Januari 2016

Bertandang Ke Pulau Panjang

Hari ahad yang lalu (10/01/2016), saya berkesempatan untuk mengunjungi pantai Bandengan, Jepara untuk kesekian kali.

Bagi anak undip salah satu destinasi yang layak untuk dikunjungi adalah pantai Bandengan. Selain pasir pantainya yang putih dan lautnya yang biru, ternyata ada satu destinasi lagi yang dapat menjadi alternatif untuk dikunjungi. Pulau Panjang namanya.



Untuk menuju pulau panjang kita dapat menyewa perahu. setiap orang dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 sudah PP. jarak antara pantai Bandengan ke pulau panjang sekitar 20 menit. oh iya, untuk masuk ke pulau Panjang juga dikenakan biaya sebesar Rp. 3000/orang


Saya belum tahu mengapa pulau ini dinamai pulau panjang sejujurnya. Namun setelah saya memutari pulau itu dengan berjalan kaki bersama teman-teman saya, saya menyimpulkan ternyata jalanan yang saya lalui berbentuk seperti persegi panjang.

Sepanjang perjalanan setapak, pemandangan disisi kiri saya adalah pantai dengan pasir putih sedangkan disisi kanan adalah pepohonan hijau.

Oh iya, di pulau panjang juga ada makam seorang yang bernama syekh Abu Bakal Al Baa'lawy. Saya belum begitu paham dia itu siapa, hehe. Namun beberapa orang pergi ke makam beiau. Mudah mudahan untuk mengingat kematian demi meningkatkan keimanan dan bukan tujuan lain.

Satu kali saya memutari pulau panjang membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Menurut saya waktu yang paling pas untuk ke Pulau Panjang adalah pagi sekitar jam 7, karena jam 9 sudah sangat panas untuk di berada di pantai. 
ditengah perjalanan kami sempat mengambil gambar, memang ada foto booth yang pas untuk take picture. Ada tulisan besar Taman Pulau Kecil Pulau Panjang disana.



Oke setelah puas berfoto ria, akhirnya kami kembali ke pantai Bandengan dengan naik perahu yang sama tanpa membayar lagi. Karena tiket untuk naik perahu sudah masuk juga untuk tiket pulangnya.

berikut estimasi biaya lengkap untuk 6 orang dengan naik mobil pribadi
  1. Bensin Semarang - Jepara naik mobil = Rp. 150.000
  2. Masuk Pantai Bandengan (Rp. 5000 x 6) = Rp. 30.000
  3. Sewa Perahu PP (Rp. 15.000 x 6) = Rp.90.000
  4. Masuk pulau panjang (Rp. 3000 x 6) = Rp. 18.000
total = Rp. 288.000
rata rata biaya per orang = Rp. 48.000

1 komentar: