saat di Cambridge University

saat di Cambridge University

Laman

Kamis, 14 Januari 2016

Bagaimana Mahasiswa Ekonomi Mencari Data? (2)

Melanjutkan tulisan saya  mengenai ‘bagaimana mahasiswa ekonomi mencari data’
Sebelumnya saya menshare tentang dua website dalam negeri yang bisa menjadi referensi mencari data. 

berikut ini saya share dua website dari luar negri yang memiliki data makroekonomi indonesia bahkan makroekonomi dunia.

Pertama: World Bank ( data.worldbank.org )

Ada sejarah menarik mengenai World bank. World bank telah merintis keterbukaan data sejak lama. Namun per tanggal 1 Juli 2010 world bank kembali menegaskan diri terhadap keterbukaan. Tidak hanya data yang dapat di akses melalui website worldbank.org namun juga dokumen dokumen penting lain seperti dokumen yang berisi keputusan dewan dan petinggi world bank. Kebijakan tersebut diambil dengan harapan worldbank semakin meningkat akuntabilitas dan transparansinya terutama terhadap informasi.

Data dari worldbank mencakup data makroekonomi seluruh dunia. Data yang tersedia bisa dipilih berdasarkan: pernegara (by country), per topik tertentu (by topic), atau per indikator indikator ekonomi tertentu (by indicator).

Untuk mengunduh data dari worldbank sangat mudah. Hanya klik tulisan DOWNLOAD DATA di bagian kanan atas web dan pilih format EXCEL.



Jika beruntung data yang terunduh bisa memiliki periode yang sangat panjang. Beberapa kali saya mengunduh data saya dapati data mulai tahun 1960 hingga 2010, cukup lumayan untuk dianalisis regresi.

Berita baik untuk teman teman mahasiswa ekonomi. World Bank saat ini sudah mulai menerbitkan data hingga tingkat kabupaten dan kota se-Indonesia dengan berbagai format data makroekonomi. yaitu melalui website : INDODAPOER



memang karena baru di launching, jadi ketersediaan datanya masih minim. Namun menurut saya kedepan website INDODAPOER tersebut akan menjadi lebih sentral dengan semakin banyaknya periode data yang dimiliki.

Kedua : Federal Reserve Economic Data FRED 

https://research.stlouisfed.org/fred2/categories )

FRED adalah website dari bank sentral Amerika. merupakan salah satu website favorit saya dalam mencari data kuantitatif. mengapa? karena terdapat beberapa fitur yang membuat saya jatuh cinta sama website FRED. seperti:

  • seperti world bank memiliki periode data yang cukup panjang.
  • dapat memilih bentuk periode data apakah bulanan, quartalan atau tahunan
  • kita dapat menseleksi data yang akan kita unduh sesuai kebutuhan
  • terdapat grafik dari data yang tersedia sehingga dapat menjadikan gambaran awal perkembangan data.



terlebih dahulu kita diwajibkan mendaftar dalam website FRED. selanjutnya untuk mengunduh kita tinggal memasukkan data yang kita inginkan ke "keranjang data" (add data to list). 

sebelum mengunduh, kita juga dapat memilih dalam bentuk apa data kita unduh; apakah dalam bentuk  asli (level), perubahan tahun (change), persen perubahan (aPercent Change) dan lain lain.

jika sudah kita tentukan dalam bentuk apa maka selanjutnya tinggal mengklik "add series to my data list"  dan kemudian data sudah dapat di unduh (setelah klik satu tahap lagi).



berikut ini contoh tampilan grafik yang ada di website FRED


Demikian beberapa website yang dapat dijadikan referensi dalam mencari data bagi mahasiswa ekonomi. semoga bermanfaat.

tambahan: bagi yang ingin mencoba mencari data mikro ekonomi dapat melalui web:
  • http://www.rand.org/labor/FLS/IFLS.html
seperti FRED untuk mengunduhnya harus login terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar